oleh

Rasakan Efek Positif, Dr Sulastin Beber Khasiat Vaksin, Warga Diimbau Tak Takut

RuangKutim.com – Program vaksin Covid-19 telah dijalankan di Kutai Timur (Kutim). Aparatur sipil negara (ASN) seperti TNI-PolRi, PNS dan tenaga kesehatan menjadi sasaran utama.

Ribuan masyarakat Kutim juga mendapat jatah vaksin gratis tersebut. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kutim Dr Sulastin, juga telah diberi vaksin tersebut.

Awalnya, kata dia, keraguan tertanam dalam benaknya. Sehingga dia pun ragu untuk diberi vaksin tersebut. Namun setelah divaksin, ternyata dia tidak merasakan apa-apa.

“Alhamdulillah sudah divaksin. Semua baik-baik saja,” ujarnya, kemarin (5/3/2021).

Apalagi, 30 menit kemudian dia langsung balik ke kantornya. Bahkan dirinya mengendarai kendaraan sendiri. Dia mengajak masyarakat tidak takut untuk menerima vaksin tersebut.

“Jangan takut. Pemerintah sudah menyiapkan vaksin gratis. Jadi, jangan disia-siakankan,” imbaunya.

Dr Sulastin menunjukkan sertifikat telah divaksin

Wanita jebolan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, dengan gelar S2 Master Epidemiologi tersebut meyakinkan, vaksin sangat bermanfaat bagi tubuh. Apalagi dapat menciptakan respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.

“Saat disuntikkan (vaksin), Sel B atau Limfosit B, yang merupakan limfosit yang memainkan peran penting pada imunitas humoral, akan menempel pada permukaan virus corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok,” jelasnya.

Sebab, fungsi utama sel B adalah untuk membuat antibodi melawan antigen. Sel B adalah komponen sistem imun adaptif.
Sementara Sel T, membantu mencocokkan fragmen dengan sel B.

“Jika ada yang cocok, sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh,” ungkapnya.

Sehingga akan berdampak sebagai pencegah terkena virus corona, menghentikan virus dan melindungi orang-orang di sekitar.

“Jika menerima vaksin, otomatis tubuh akan terlindungi dari serangan Covid-19. Itulah yang menjadi manfaat vaksin. Membantu mengurangi penyebaran virus untuk melindungi orang-orang di sekitar,” tutupnya. (rk)

News Feed