oleh

33 Pengurus AJKT Dilantik, Sukriadi dkk Siap Tangkal Hoaks di Tengah Pandemi dan Pilkada

-Kutim-27 views

ruangkutim.com – Kepengurusan Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) masa bakti 2020-2022 telah dilantik, di Hotel Royal Victoria Sangatta, Rabu (21/10/20) pukul 20.00 Wita. Para pewarta dari sejumlah media yang tergabung AJKT siap menangkal hoaks di tengah pandemi dan pilkada.

Hal itu sebagaimana tercetus dalam tema pelantikan, ‘peran jurnalis dalam menangkal hoaks di tengah pandemi covid-19 dan pilkada’. Lantas 33 pewarta anggota AJKT siap menjalankan tugas sebagai pembawa berita yang akurat dan profesional.

Pelantikan pengurus AJKT, dilakukan dengan khidmat, tetap berjalan dengan standar protokol kesehatan. Tidak hanya menerapkan penggunaan masker dan penyediaan cuci tangan, jumlah peserta pun dibatasi agar mencegah kerumunan.

Lantas, kepengurusan AJKT periode 2020-2022 yang dilantik adalah sebagai berikut :

Ketua Umum : Sukriadi (halokaltim.com)
Sekretaris : Margaret Sarita (Tribun Kaltim)
Bendahara : Ardan Ahmad (fokuskaltim.co)

Bidang Hukum dan Hubungan Antar Lembaga
Ketua   : Raymond Chouda (halokaltim.com)
Anggota :
Ella Ramlah (kaltimtoday.co)
Desi Wakhedir (pro.kutaitimurkab.go.id)

Bidang Organisasi
Ketua   :  Asdar (GWP FM)
Anggota :
Zulhamri (Koran Kaltim)
Imran Sahara (kronikkaltim.com)
Ramadhaniansyah (rumahkaryabersama.com)

Bidang Sosial Keagamaan
Ketua  : M. Yodiq (Kaltim Post)
Anggota :
Ester Selvi (RPD Kutim FM)
Syahid Kahru (prokutim.com)
Syahriansyah (rumahkaryabersama.com)

Bidang Pengembangan Jurnalistik
Ketua   : Lela Ratu Simi (Kaltim Post)
Anggota :
Qadli Fachruddin (paradase.id)
Saharuddin (berita3.net)
Musyahdi (berita3.net)
Rusliansyah (kronikkaltim.com)

Bidang Dana dan Usaha
Ketua : Boim Dimas Dimyati (kilaskaltim.com)
Anggota :
Dirhanuddin (akurasi.id)
M. Akrom (viralkaltim.com)
M. Ramli (halokaltim.com)
Arman Mando (kronikkaltim.com)
Nopiansyah (rumahkaryabersama.com)
Shena (PKTV Kutim)

Bidang Olahraga
Ketua : Eko Mukhlis Huda (Disway-nomorsatukaltim)
Anggota :
Fitri (jejakkhatulistiwa.co.id)
Udin (jejakkhatulistiwa.co.id)
Daus (g-smart.id)
Andika (halokaltim.com)

Dewan Penasihat :
Dhedy Al Kutim (viralkaltim.com)
Gunawan (Samarinda TV)

Dewan Pembina :
Plt Bupati Kutai Timur, H Kasmidi Bulang ST MM
Plt Ketua DPRD Kutai Timur, Asti Mazar SE M Si
Wakil Ketua I DPRD Kutim, Arfan SE M Si
Anggota DPRD Kaltim, M Nasiruddin SH
Ketua Umum BPD HIPMI Kaltim, Bakri Hadi SH
Kadis Kominfo Perstik Kutim, Ir Suprihanto CES

Setelah dilantik dengan penyematan kartu ID pers AJKT dan penyerahan bendera kebesaran organisasi, para pengurus AJKT melakukan deklarasi jurnalis anti hoaks. Melalui deklarasi itu, Sukriadi dan kawan-kawan berharap para pewarta di Kutim, khususnya yang tergabung di AJKT, bisa mewujudkan pencerahan informasi yang baik untuk mencerdaskan masyarakat Kutai Timur dan Kalimantan Timur.

“Saya berharap dengan keberadaannya AJKT bisa menjadi mitra strategis pemerintah dalam memberikan informasi yang akurat, profesional, dan terpercaya. Menjadi tantangan bagi kami untuk menyajikan pemberitaan-pemberitaan yang dapat dipercaya masyarakat di tengah covid-19 dan Pilkada yang di mana saat ini media sosial kita juga dibanjiri oleh informasi tanpa filter,” ungkap lelaki yang karib disapa Sukri itu.

“Menjadi tanggung jawab jawab saya juga untuk terus mengingatkan kepada teman-teman agar menjaga independensi dan profesionalitas dalam bekerja sebagai jurnalis di Kutai Timur. Bila ada anggota kami yang melanggar, saya akan menegur, dan bahkan bisa kami keluarkan dari keanggotaan bila teguran sudah tidak diindahkan. Tapi saya percaya dengan teman-teman AJKT di periode ini kita semua memiliki martabat sebagai seorang jurnalis yang profesional dan independen,” tambahnya.

Kegiatan Pelantikan Pengurus AJKT

Sukri juga memaparkan, pada periode kepemimpinannya ada program yang akan dijajaki untuk mengembangkan minat dan bakat jurnalistik masyarakat di Kutai Timur. Yakni mengadakan kerjasama dengan semua desa-desa melalui APDESI Kutim untuk mengadakan pelatihan jurnalistik di tingkat desa dan di sekolah-sekolah.

“Kami akan menghidupkan organisasi AJKT ini sebagaimana mestinya. Semoga kami selalu mendapatkan dukungan dan support dari pemerintah, aparat keamanan, maupun stakeholder di Kutai Timur, untuk kemajuan kita bersama,” harap Sukri.

Sementara itu, Pjs Bupati Kutai Timur yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM Bupati Kutim, Syahrir mengatakan, sangat mengapresiasi keberadaan teman-teman jurnalis di AJKT.

“Dengan adanya organisasi ini, sudah pasti bahwa pekerjaan mulia seorang jurnalis, senantiasa selalu berbuat untuk kepentingan orang banyak. Memberikan informasi akurat dan terpercaya, secara professional, hingga ke pelosok desa. Sekaligus ikut membantu menangkal berita hoax yang kerap beredar di saat pandemi covid 19 dan jelang Pilkada Kutim. Tolong bantu, membuat Kutim tetap kondusif dengan pemberitaan yang sejuk,” tutur Syahrir.

Adapun beberapa tamu yang menghadiri palantikan pengurus AJKT tadi malam, Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, Anggota DPRD Kaltim Agus Aras dan Nasiruddin, jajaran pejabat Pemkab Kutai Timur, serta perwakilan Dandim 0909 Sangatta, Danlanal Sangatta dan Kapolres Kutim, serta dari Halmas Sekretariat DPRD Kutim Alfrida Buranna dan stafnya. Ada juga Media Relation PT Kaltim Prima Coal yang mewakili Dept Eksternal, Silvester yang ditemani Arif. Beserta stakeholder di Kutai Timur.

Yang tak kalah menarik, kegiatan tersebut juga dihadiri putra terbaik Kutim, Calon Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang ST MM, dan Calon Bupati Kutim H Mahyunadi SE M Si dari pasangan berbeda. Sedangkan calon bupati Awang Ferdian Hidayat hanya menyampaikan ucapan selamat dan sukses, lantaran ada kegiatan lainnya.

Ketua Panitia, Zulhamri menyampaikan ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi untuk kelancaran kegiatan pelantikan pengurus AJKT Periode 2020-2022.

Amri membeberkan, ada 20 pihak yang telah berpartisipasi dalam pelantikan AJKT. Antara lain :
1. PT DSN
2. PT Pertamina Sangatta
3. PT Kobexindo
4. Ketua Umum Hipmi Kaltim Bakri Hadi
5. Wakil ketua I DPRD Kutim Bunda Asti Mazar
6. Wakil Ketua II DPRD Kutim Pak Arfan SE MSi
7. Anggota DPRD Kutim Adi Sutianto DS
8. Wakil Ketua Komisi A DPRD Kutim, Basti Sanggalangi
9. PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur
10. Anggota DPRD Kutim Hj Kamsiah Rahman
11. Asisten II Setkab Kutim Suroto
12. PT Kaltim Prima Coal
13. Anggota DPRD Kaltim H Agus Aras
14. BPBD Kutim
15. Polres Kutai Timur
16. PT Sucofindo
17. Komisioner KPU Kutim Bang Handoko
18. Komisioner KPU Kutim Hasan Basri
19. PT GAM
20. Anggota DPRD Kutim Masdari Kidang

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dan menjadi mitra kami. Semoga AJKT semakin terdepan dan lebih baik,” harap lelaki yang karib disapa Amri itu, dalam sambutannya. (adv/rk)

News Feed