oleh

Percepat Investasi dan Dongkrak Perekonomian, Kutim Perlu Infrastruktur Menunjang, Pembangunan Bandara Untuk Semua Kalangan

ruangkutim.com – Memerlukan keseriusan pemerintah daerah (pemda) untuk mendongkrak perekonomian Kutai Timur (Kutim). Potensinya besar jika pembangunan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Apalagi, Kutim memiliki objek wisata yang menjanjikan.

Mulai dari pantai, pulau, air terjun hingga gugusan Karst dan pemandian air panas yang belum terjangkau arus transportasi. Semua wisata tersebut tersebar di beberapa kecamatan di Kutim.

Hanya, minat wisatawan masih sangat kecil. Akses menuju lokasi yang masih sulit menjadi alasan. Wakil Ketua Komisi D DPRD Kutim Asmawardi mengatakan, Kutim memerlukan infrastruktur yang menunjang.

“Sudah seharusnya pemda membaca peluang membangun bandara. Tapi, bandara yang dapat dinikmati masyarakat umum. Jangan yang menikmati hanya segelintir orang. Mulai pejabat hingga pejabat perusahaan pemilik bandara itu,” sebutnya.

Hal itu disebutnya sebagai penyebab lambatnya investasi masuk ke Kutim. Padahal, jika bandara tersedia untuk umum, Kutim ada lebih berkembang.

“Setidaknya perlu dua bandara. Dekat Maloy dan di kawasan perkotaan Sangatta,” kata dia.

Kalau ada bandara jelas mendongkrak ekonomi. Lapangan pekerjaan akan terbuka. Perekonomian lebih sehat. Bahkan, UKM-UKM lokal diyakininya akan berkembang.

“Percuma jika membangun bandara kalau tidak bisa dinikmati seluruh kalangan masyarakat. Setidaknya akses tempat wisata terbuka. Waktu tempuh perjalanan tidak begitu lama. Sekarang kan akses antar kecamatan jauh sekali,” ungkapnya. (rk)

News Feed