oleh

Sampaikan Materi Kebangsaan Pada Mahasiswa Baru, Kodim 0909/Sangatta Terlibat Dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru di Stiper

-Kutim-66 views

ruangkutim.com – Kodim 0909/Sangatta terlibat langsung dalam pemberian wawasan kebangsaan di kegiatan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB) di Sekolah Tinggi Pertanian (Stiper) Kutai Timur (Kutim) (Rabu, 9/9/2020).

Kegiatan tersebut berlangsung di Stiper pada pukul 14.00-15.00 Wita. Ketua Stiper Prof Juraemi, Pasiops Kodim Kapten Inf Imam Nawawi, Dosen dan BEM Stiper hadiri kegiatan itu. Bahkan, 150 mahasiswa mengikuti lewat sistem daring.

Selaku pemberi materi, Kapten Inf Imam Nawawi mengucapkan selamat kepasa seluruh mahasiswa bari. Apalagi untuk menjadi mahasiswa Stiper tidak sekadar kebetulan.

“Berkat campur tangan Tuhan. Kalian yang akan menjadi penerus baru generasi bangsa Indonesia,” ujar Imam.

Sekarang bangsa dan negara mengalami perang proxy atau perang yang menyerang politik idiologi. Sekarang sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia bukan lagi perang yang menggunakan senjata.

“SDM kita masih kurang. Makanya masih dapat dikuasai oleh bangsa lain. Jadilah mahasiswa yang baik. Jangan sampai menjadi mahasiswa yang tidak memiliki potensi atau kemampuan,” katanya.

Dia berharap, generasi bangsa tersebut tidak terpengaruh budaya luar. Misalnya mengisi aktivitas dengan hura-hura, apalagi sampai menggunakan narkoba.

“Jadilah mahasiswa yang dicari masyarakat dan bisa mengelola potensi SDA (sumber daya alam). Belajarlah dengan maksimal walaupun secara daring. Mahasiswa harus luwes, pandai bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain,” imbuhnya.

Keberhasilan tidak bergantung pada orang lain. Diri sendiri lah yang harus memperjuangkan. Dia berharap para mahasiswa nantinya dapat memberikan warna kepada negeri ini.

“Jangan biarkan bangsa lain mengelolah SDA kita. Jangan mau jadi penonton di negeri sendiri. Kalian harus belajar sungguh-sungguh. Jangan mau di ninabobokan dengan keadaan. Harus bangkit,” tuturnya.

Dia berharap, kegiatan wawasan kebangsaan tersebut ditanggapi positif. Sehingga mahasiswa lebih memiliki wawasan kebangsaan yang luas.

“Kami harap ini menjadi ajang silahturahmi dan menjalin hubungan komunikasi yang baik bagi mahasiswa Stiper dan Kodim 0909/Sangatta,” papar Imam. (rk)

News Feed