oleh

Tak Kenakan Masker di Luar Rumah Bakal Dirazia, Sanksi Sosial Untuk Masyarakat Abai

-Kutim-50 views

ruangkutim.com – Setelah memutuskan menutup semua posko penjagaan di pintu masuk Kutim. Pemkab ternyata akan lebih serius dalam upaya pencegahan Covid 19. Pemkab bakal lebih rutin menggelar razia.

Jadwal razia ditetapkan dua hari sekali. Sasarannya warga yang abai terhadap penggunaan masker saat ke luar rumah. Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Kasmidi Bulang menyebut, razia tersebut tak lepas dari instruksi perintah pusat.

“Tetap mengacu sama pusat. Tim satgas tetap fokus pada pencegahan,” katanya.

Disinggung mengenai penutupan posko. Hal itu berdasarkan keputusan rapat. Alasannya anggaran yang disalurkan untuk posko lumayan besar. Sebagai gantinya, semua tim di posko Kota Sangatta ditarik ke sekretariat tim satgas di Kantor BPBD Kutim.

“Begitu pula Tim Posko Penjaga di kecamatan kembali ke sekretariat satgas kecamatan.

Nanti, kata dia, tim tersebut yang melaksanakan razia. Beralih fungsi sekaligus memberi edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu memakai masker saat beraktivitas.

“Warga tidak bermasker akan diberi sanksi sosial. Mereka akan diminta bernyanyi atau diberi sanksi ringan lainnya. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat. Sanksi berat belum menjadi pilihan,” sebutnya.

Selain itu, pihak perusahaan di Kutim diminta agar melapor pada tim satgas, apabila terdapat karyawan yang baru pulang cuti. Sehingga dapat didata dan dilakukan karantina jika memiliki kemungkinan terpapar.

“Ini wajib. Semua perusahaan harus memerhatikan. Jangan mengabaikan,” tegasnya. (rk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed